Sunday, July 10, 2011

RABIES !!!!!

Rabies sebenarnya adalah nama sebuah virus. Virus ini sering muncul di film-film, misalnya film zombie : Zombieland, I am Legend, dan lain-lain. Cuma dalam film-film ini namanya dibikin beda dan korban gigitannya nggak mati. Benar-benar happy ending untuk penderitanya.
Tapi dalam kehidupan nyata hampir semua penderita rabies pasti mati, tanpa perlu ditembak kepalanya kayak yang di film-film itu :).
Memang yang terkena virus rabies sifatnya hampir mirip dengan zombie. Guanas ...
Yang belum tau apa tu Rabies ..........
Penyakit rabies terutama ditularkan melalui gigitan binatang. Kuman yang terdapat dalam air liur binatang ini akan masuk ke aliran darah dan menginfeksi tubuh manusia. Binatang yang sering menderita rabies adalah anjing, kucing, kelelawar dan kera. Selain lewat gigitan, rabies juga dapat ditularkan melalui mata, hidung, mulut dan luka yang terkontaminasi oleh air liur binatang yang terjangkit rabies. Penularan lewat cara ini sangat jarang terjadi, umumnya penularan melalui gigitan.
Apa saja gejala rabies?
Gejala orang yang terjangkit rabies antara lain demam, nyeri otot, dan sakit kepala. Bila kuman rabies sudah menyerang otak maka akan menyebabkan gelisah, kejang, paralisis/kelemahan otot otot, koma dan terakhir kematian.
Kapan kita perlu berobat?
Setelah digigit, kita harus secepatnya ke pusat pelayanan kesehatan terdekat. Hal ini penting agar kita sesegera mungkin mendapatkan vaksinasi rabies.
Apa tindakan yang dilakukan di pusat pelayanan kesehatan?
Yang pertama dilakukan adalah membersihkan luka dengan air dan sabun guna mengurangi penyebaran infeksi. Setelah luka dibersihkan, pasien diberikan vaksinasi rabies.
Dapatkan rabies ditularkan dari orang ke orang?
Sampai saat ini belum ada bukti ataupun penelitian yang sanggung membuktikan bahwa dapat terjadi penularan rabies dari orang ke orang. Walaupun secara teori bisa tetapi kenyataannya tidak begitu.
Bagaimana cara mencegah rabies?
Jadilah pemelihara hewab yang baik.
  • Selalu ingat untuk memvaksinasi hewan peliharaan seperti anjing, kucing dan kera. Tindakan ini tidak hanya melindungi hewan anda dari penyakit rabies tetapi juga melindungi diri anda sendiri dan keluarga anda.
  • Selalu awasi binatang peliharaan anda. Kurangi kontak mereka dengan hewan atau binatang liar. Jika binatang peliharaan anda digigit oleh hewan liar, segera ke dokter hewan untuk diperiksa keadaannya.
  • Hubungi dinas peternakan setempat bila anda menjumpai ada binatang liar yang mencurigakan di lingkungan tempat tinggal anda.
Hindari kontak dengan hewan liar yang tidak jelas asal usulnya.
  • Mengamati hewan liar seperti rakun, serigala dari tempat yang jauh. Jangan coba coba memberi mereka makan ataupun membelai mereka.
  • Jangan sok menjadi penyayang hewan lalu mencoba memelihara hewan liar di rumah walaupun mereka kelihatan sangat jinak.
  • Cegah kelelawar memasukan rumah atau tempat anda beraktifitas.
  • Jika anda bepergian ke daerah yang terjangkit rabies, segeralah ke pusat pelayanan kesehatan terdekat untuk mendapatkan vaksinasi rabies.
     
    Kemarin lihat video anak kecil yang digigit anjing rabies. Diikat diranjang rumah sakit karena berontak tidak terkontrol. Dan orang tuanya hanya bisa menunggu disampingnya sampai anaknya meninggal. Semoga tidak terjadi pada kita

1 comment: