Thursday, July 14, 2011

Fakta Serangga

1. Satu mil persegi tanah pedesaan dapat menahan serangga lebih dari jumlah manusia di Bumi.
2. Lebih dari 900.000 spesies serangga ada di seluruh dunia.
3. Setiap tahun, serangga makan sekitar sepertiga dari tanaman pangan di dunia.
4. Sebaliknya, setiap tahun rata-rata orang akan "memakan" beberapa serangga sementara mereka sedang tidur. Selama masa hidup rata-rata, seseorang mengkonsumsi sekitar tujuh puluh serangga dan sepuluh  laba-laba selama tidur mereka. Menurut beberapa sumber, kumbang memiliki rasa yang mirip dengan apel sementara tawon rasanya seperti kacang pinus.
5. Dalam pengolahan hasil pertanian dan perkebunan,serangga sering ikut terolah. Misalnya coklat dapat memiliki hingga delapan fragmen serangga per seratus gram, sementara selai kacang hanya dapat memiliki enam puluh fragmen. Sementara itu, tepung terigu dapat memiliki 150 fragmen per seratus gram dan paprika dapat memiliki 300 fragmen.
6. Serangga terkecil di dunia, tawon parasit Tanzania, lebih kecil dari mata pada lalat. Serangga terbesar adalah kumbang goliath, yang dapat tumbuh hingga empat setengah inci panjang.
7. Perbudakan tidak sepenuhnya merupakan budaya manusia. Semut Amazon akan mencuri larva semut lain untuk dijadikan budak mereka. Mereka tergantung pada budak-budak untuk kelangsungan hidup mereka karena  semut
Amazon tidak mampu melakukan apa-apa selain berkelahi.
8. Semut mampu mengangkat lima puluh kali beratnya sendiri dan mampu menarik tiga puluh kali beratnya sendiri.
9. Semut paling berbahaya di dunia adalah semut bulldog hitam. Ia tinggal di Australia dan telah menewaskan beberapa orang. Ketika terprovokasi, semut ini menyengat dan menggigit pada saat yang sama.
10. Ada sekitar satu juta semut per orang. Semut adalah hewan yang sangat sosial dan akan hidup dalam koloni yang dapat berisi hampir 500.000 semut.
11. Kutu dapat melompat sekitar dua ratus kali panjang tubuh mereka
12. Seekor kecoa dapat hidup selama sembilan hari tanpa makan. Ini juga jumlah waktu yang sama bahwa tubuh kecoa dapat hidup setelah kepalanya telah dipotong sebelum akhirnya mati karena kelaparan.
13. Nyamuk memiliki empat puluh tujuh gigi. Mereka tidak menggunakan ini untuk menggigit
14. Nyamuk lebih cenderung menggigit anak-anak daripada orang dewasa, orang berambut pirang ketimbang orang berambut cokelat, dan orang-orang mengenakan pakaian gelap. Mereka juga tertarik pada orang yang hanya makan pisang atau selesai berolahraga. Hal ini karena makanan tinggi kalium dan berolahraga menyebabkan tubuh Anda melepaskan asam laktat, yang menarik bagi nyamuk.
15. Sereh tidak mengusir nyamuk melalui baunya. Nyamuk tidak suka sereh karena mengganggu kakinya.
16. Nyamuk bertanggung jawab menyebabkan kematian paling banyak bagi manusia di seluruh dunia daripada hewan lain,hampir dua juta per tahun. Mereka melakukan ini dengan mengirimkan penyakit seperti virus West Nile, malaria, dan demam berdarah. Kedua ini adalah lalat tsetse, yang membunuh sekitar 66.000 orang setiap tahunnya.
17. Capung mampu terbang enam puluh mil per jam, membuat mereka salah satu serangga tercepat. Ini bagus karena mereka sangat terburu-buru, karena mereka hanya hidup sekitar dua puluh empat jam.
18. Lalat meloncat mundur saat lepas landas.
19. Lalat A akan memuntahkan makanan dan makan lagi.
20. Rayap lebih berat daripada manusia, hampir 10 : 1
21. Rayap makan dua kali lebih cepat ketika musik heavy metal dimainkan.
23. Kumbang badak adalah binatang yang terkuat dan mampu mengangkat 850 kali beratnya sendiri.
24. Sebuah jaring laba-laba bukanlah rumah, melainkan perangkap bagi makanan
25. Lebih banyak orang takut laba-laba daripada kematian.
26. Laba-laba paling beracun adalah black widow. Racunnya lebih kuat daripada ular
27. Selama hidup, lebah pekerja hanya akan menghasilkan sekitar satusampai dua belas sendok teh madu.
28. Lebah madu lebih berbahaya daripada ular. Lebah membunuh lebih banyak orang setiap tahun dari semua jenis ular berbisa
29. Kupu-kupu memiliki sensor rasa di kaki mereka
31. Belalang sembah mampu memutar kepalanya 360 derajat. Ini adalah serangga-satunya yang dapat melakukan hal ini. Belalang sembah juga satu-satunya jenis hewan di bumi yang hanya memiliki satu telinga.
32. Jangkrik dan katydids memiliki telinga di kaki mereka.
33. Aphids dilahirkan hamil dan bisa melahirkan ketika mereka berusia 10 hari

35. Tempat tidur rata-rata mengandung antara 2.000.000-6.000.000 tungau debu.

No comments:

Post a Comment